LANGKAH – LANGKAH MEMBUAT SERTIFIKAT TANAH MURAH TANPA PAKAI NOTARIS

Date:

Share post:

Seiring dengan banyak yang ingin tau cara membuat sertifikat tanah tanpa notaris. Juga banyak yang penasaran bagaimana sih proses atau tahap membuat sertifikat tanah tersebut ?? Sebab banyak orang beranggapan kalau ngurus sertipikat tanah itu ribet, susah dan menghabiskan jutaan rupiah dan lama . . . !!!

Juga tercipta sebuah angapan atau kebiasaan masyarakat, bahwa mengurus sertifikat tanah itu harus lewat notaris yang dengan harga mahal dan lama jadinya.

Padahal sudah banyak orang mendapatkan sertifikat tanah dengan mempercayakan kepada notaris. Tapi yang begitu… selain biayanya mahal, juga lama sekali jadinya sertipikat dari berbulan-bulan sampai bertahun-tahun.

Mengurus Sertifikat Tanah Tanapa Notaris

Nah… untuk Anda pembaca sabtumalam.com tentu bisa negurus / membuat sertipikat rumah sendiri. Karena untuk mengurusnya dengan tanpa Notaris itu sangat mudah serta pengeluaran biayanya relatif relatif lebih murah.

Namun biasanya karena faktor pemahaman bisa juga karena kesibukan urusan lain yang setiap orang tidak sempat mengurusnya. Biasanya penyebabnya oleh faktor pekerjaan, dagang, bisnis dan lainnya yang menjadikan waktu anda tidak cukup untuk membuat sertipikat tanah maju sendiri.

Padahal untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya Anda bisa memberikan kuasa kepada saudara anda atau tetangga. Maka pendaftaran sertifikat tanah tetap bisa berjalan dengan berjalan oleh perwakilan yang Anda percayakan.

Adapun caanya Anda bisa langsung datang ke kantor BPN (Badan Pertanahan Nasional) wilayah setempat. Lalu tanyakan mengenai persyaratan pendaftaran, biaya dan waktu selesainya sertipikat tanah sesuai dengan Riwayat Tanah yang akan Anda buatkan sertipikat.

Perlu pemahaman dulu bahwa Riwayat Sertifikat Tanah itu ada beberapa yaitu pembuatan sertipikat baru, balik nama waris, hibah, jual beli, sertipikat hilang dan lainnya.

Kemudian sampaikan kebagian Pendaftaran BPN mengenai hal pembuatan sertifikat tanah. Tapi bila ada masyarakat yang akan mendaftar maju sendiri lalu ditolak dan diarahkan harus pakai atau melalui notaris. Maka bisa diduga oknum pegawai BPN itu bermain dengan oknum Notaris dalam bisnis pendaftaran sertipikat tanah.

Karena tidak ada dasarnya dan tentu akan melanggar hukum jika pegawai BPN menolak masyarakat maju sendiri mendaftar sertipikat tanah.

Maka Anda juga tidak usah bingung ketika ketemu kasus seperti itu, karena Anda bisa mencari tau yang tersebar di google. Bahwa informasi seperti itu mudah Anda dapati tentang kebutuhan dokumen yang sebagai syarat pendaftaran sertipikat tanah sesuai riwayat tanah Anda.

Biaya pembuatan sertipikat tanah di BPN ketika diurus sendiri

  1. Pendaftaran awal dari Letter C ke Sertipikat = Rp. 800.000an
  2. Pecah atau Split = Rp. 400.000an
  3. Balik nama = Rp. 300.000an
  4. Pecah dan Balik Nama = Rp. 800.000an
  5. Dan lain-lainnya.

Dasar hukum : Peraturan Pemerintah No 128 Tahun 2015

Masa waktu pembuatan sertipikat tanah

  1. Pendaftaran awal dari Letter C ke Sertifikat = 98 hari
  2. Pecah atau Split = 15 hari
  3. Balik Nama = 5 hari
  4. Dan lain-lainnya.

Dasar hukum : Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional No. 1 Tahun 2010

Biaya pengeluaran lain-lain

Dengan informasi diatas tentu bukan hanya data diatas yang akan Anda keluarkan.. Namun ada beberapa tambah biaya lain diluar biaya pokok yang perlu di perhitungkanagar Anda bisa menyiapkan nya.

Lalu apa saja biaya tambahan pembuatan sertipikat tanah yang hitunganya menjadi mahal ?

Nah.. yang menjadikannya mahal adalah biaya untuk mengurus dokumen persyaratan pelengkapnya ke petugas terkait seperti :

  • Pengurusan surat di Desa
  • Pengurusan surat ke Kecamatan
  • Pengurusan surat pembuatan Akta di PPATS (Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara) atau PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) swasta atau non pemerintah.

Pengeluaran operaional

Biasanya biaya pengurusan berkas persyaratan bisa menghabiskan biaya dari Rp. 500.000 sampai 2 juta. Umunya untuk pengeluaran bensin pergi pulang, makan hingga rokok dan parkir atau biaya keperluan berkas lainnya sesuai peraturan yang harus dikeluarkan.

Tapi kadang banyak juga oknum-oknum baik dari pegawai desa dan camat atau lainnya yang juga meminta uang tips. Adapun judulnya adalah sebagai pegeluaran biaya persyaratan berkas msialnya dari uang rokok Rp. 50.000 sampai Rp. 100.000.

Bahkan Belum lagi kalau ada persyaratan berkas yang pengurusannya harus datang ke PPATS Kecamatan atau PPAT yaitu pembuatan Akta baik Akta Jual Beli, Hibah dan Waris. Sehingga banyak kejadian saat masyarakat hendak mengurus Akta di PPATS itu wajib mengeluarkan biaya besar sampai jutaan rupiah.

Kenali Praktek Oknum Berkedok Notaris

Pada saat Anda mendapati kejadian ada yang meminta uang yang tidak meliputi aspek baiaya yang tercantum, maka cobalah untuk menyakan bukti pembayaran (Kuitansi), pasti mereka tidak akan berani memberikan bukti pembayaran tersebut.

Maka itu berarti mereka hendak melakukan praktek penipuan dan pemerasan kepada masyarakat. Karena pada kenyataanya cara membuat sertifikat tanah tanpa notaris itu hanya mengeluarkan biaya yang relatif murah dan tidaklah mahal seperti perkiraan orang.

Praktek pembuatan Serifikat Tanah mandiri

Maka perlu diketahui selain membuat Akta di PPATS Kecamatan, yaitu juga pembuatan Akta di PPAT. Maka anda akan datang ke kantor PPAT yang biasanya menemukan plang bertuliskan PPAT / Notaris, artinya PPAT itu merangkap sebagai Notaris.

Lalu ketika saat datang ke kantor, Anda cukup meminta untuk dibuatkan akta saja, tidak harus dikuasakan atau percayakan kepada Notaris. Sebab keperluannya adalah untuk mengurus sertipikat tanah tidak dengan biaya mahal dan lama jadinya hingga bertahun-tahun.

Sedangkan keperluan dengan PPAT hanya sebatas membuat Akta dan tidak membutuhkan notaris sama sekali. Sedangkan PPAT dan Notaris itu berbeda, sebab Notaris itu tidak ada urusan sama sekali dengan kebutuhan persyaratan pendaftaran sertipikat tanah.

Lalu betulkah membuat Akta di PPAT itu mahal hingga jutaan rupiah ?

Jawabbnya adalah = Sangat tidak benar sama sekali. Karena pengeluaran untuk pembuatan Akta bisa dari 500.000 sampai 2.000.000 juta atau lebih tergantung dari nilai transaksi tanah yang tercantum dalam akta.

Sedangkan biaya yang harus Anda keluarkan dalam mengurus akta di PPAT adalah 1% dari nilai transaksi tanah yang tercantum dalam akta.

Contoh :

Nilai transaksi jual beli tanah adalah Rp. 200 juta, maka biaya pembuatan Akta di PPAT adalah Rp 2.000.000,-.

Hitungan : 1 / 100 x 200.000.000 = 2 juta.

Maka semakin rendah nilai transaksi tanah, semakin murah biaya pembuatan Akta. Maka sebaliknya semakin tinggi nilai transaksi tanah maka semakin mahal biaya pembuatan Akta di PPAT.

Tapi perlu Anda ketahui bahwa Anda harus meminta tanda pembayaran atas pembuatan akta tersebut. Sebab jika ternyata tidak sesuai peraturan yaitu 1% dari nilai transaksi yang tercantum dalam akta. Maka Anda dapat melaporkan bawa oknum PPAT tersebut berusaha menipu dan memeras masyarakat.

Dasar Hukum : Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2016

Modus Birokrasi Cara Membuat Sertifikat Tanah Tanpa Notaris

Pajak adalah biaya lain yang harus dikeluarkan setelah Akta di PPAT selesai yang bisa bernilai jutaan rupiah. Jadi saat jumlah Pajak yang harus dibayarkan sudah ditaksir oleh PPAT. Maka mintalah bukti pembayaran pajaknya yang harus dibayarkan (Brilling) dan bayarlah sendiri pajaknya ke bank atau kantor Pos.

Sering ditemukan dimana jika Anda sudah mendatangi kantor PPAT dan bertanya terkait biaya membuat Akta itu tidak sesuai peraturan. Serta bukti pajakpun pihak PPAT tidak mau memberikan kepada yang bersangkutan untuk dilakukan pembayarkan sendiri.

Atau juga misalnya anda ingin mengurus Akta dan kemudian ditolak karena tidak mau sebatas membuat Akta saja. Akan tetapi meminta untuk pendaftaran sertipikat tanah semuanya harus diurus oleh Notaris dengan biaya yang ditetapkan sepihak.

Bahkan masa selesainyapun pun lama bahkan sampai bertahun-tahun. Maka itu jelas melanggar hukum dan ada unsur pemaksaan terhadap masyarakat.

Sebaiknya bila situasi seperti itu yang terjadi, Maka carilah PPAT lainnya di daerah Anda. Karena masih ada PPAT jujur dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan peraturan biaya pembuatan Akta dan urusan Pajak sebagaimana mestinya.

Sehingga Anda mendaptkan layanan PPAT yang terbuka untuk melayani Anda dengan baik apa adanya.

Langkah Terakhir Setelah Selesai dari PPAT

Dalam langkah selanjutnya setelah Anda selesai mengurus Akta dan Pajak di PPAT dan semua urusan berkas persyaratan lainnya. Maka kembali ke kantor BPN untuk mendaftarkan sertipikat tanah.

Jika Anda dalam mebuat sertipikat tanah dipasrahkan ke notaris, maka Anda tidak memegang bukti tanda terima pendaftaran sertifikat dan SURAT PERINTAH SETOR dari BPN. Jadi ketika sertipikat lama sekali jadinya, padahal sudah bayar mahal, maka anda hanya bisa pasrah menunggu ketidak jelasan atau ketidak pastian dari Notaris.

Padalah berbeda situasi kalau Anda sendiri yang maju ke BPN untuk mendaftarkan sertipikat. Maka Anda akan menerima tanda bukti pendaftaran dan tanda bukti SURAT PERINTAH SETOR yang tercantum biaya pembuatan sertipikat tanah yang ternyata sangat murah.

Sebab SURAT PERINTAH SETOR adalah bukti yang tidak akan pernah diberikan kepada masyarakat oleh oknum Notaris, dan akan disembunyikan atau dirahasiakan.

Sebab jika masyarakat sampai mengetahui SURAT PERINTAH SETOR, maka akan terbongkar biaya asli yang sangat murah. Sedangkan biaya pembuatan sertipikat tanah ketika masyarakat mempercayakan ke Notaris itu sangat mahal.

Lalu setelah pendaftaran sertipikat tanah di BPN dan pelayanan di BPN buruk dan lama diproses jadinya sertipikat tanah tidak sesuai standar pelayanan waktu dan biaya.

Maka bagi jasa renovasi rumah Depok memberikan saran bahwa langkahnya dalah Anda bisa melaporkan tentang buruknya pelayanan BPN ke Menteri Agraria dan ditembuskan ke Ombudsman Republik Indonesia.

Demikian sedikit uraian dari saya tentang langkah-langkah yang harus dilakukan saat akan mendaftarkan sertipikat tanah.
Yuuuuuk buat sertipikat tanah dan buktikan sendiri murahnya . . . !!!
Terimakasih dan salam

Related articles

Daftar Pulau Terlarang Yang Tak Boleh Dikunjungi

Apa yang kamu pikirkan tentang pulau terlarang di dunia ? Apa kamu tau bahwa ada beberapa tempat di...

Distributor dan Supplier Baut Baja Ringan di Jakarta Terlengkap (Terima Pesanan Ecer atau Partai)

Distributor baut baja ringan di Jakarta – Apa saat ini Anda sedang mencari skrup baja ringan atau baut...

Informasi Daftar Harga Sewa Elf Jakarta Th 2022

Sewa Elf di Jakarta — Apa Anda sedang mencari tempat penyewaan mobil elf yang murah dan terjangkau ? Jika...

Pusat Grosir Sarung Tangan Kain Jakarta – Cocok Untuk Industrial, Pabrik dan Proyek

Apa Anda sekarang sedang mencari di mana tempat Grosir sarung tangan kain di Jakarta ? Harga murah, bisa...
WhatsApp chat