Beranda Travel Camping 6 Alasan Kenapa Kamu Memilih Jalur Gunung Putri Ke Gunung Gede

6 Alasan Kenapa Kamu Memilih Jalur Gunung Putri Ke Gunung Gede

267
0
Jalur Gunung Putri

Dalam kesempatan ngumpul bersama kawan sekomunitas alias tongkrongan,  pendakian ke Gunung tiba-tiba saja terlintas. Karena menginat ada 2 dari 4 orang yang berdiskusi ingin merasakan “muncak”. Maka dipilihlah Gunung Gede dengan jalur Gunung Putri sebagai lokasi gunung yang tidak terlalu jauh dari Jakarta.

Karena kalau memilih lokasi gunung yang jauh, perasaan capek terlalu menghantui untuk perjalanan pulang dan perginya. Jangan kan untuk yang jauh, memilih Gunung Gede yang masih dekat dengan Jakarta saja masih ada kalimat “ogah”. Karena pada dasarnya saya pribadi tidak terlalu hobi dengan naik gunung.

Tapi karena desakan kawan yang lain akhirnya saya mau juga meng aamiini niat ini, walaupun sedikit terpaksa.

Jalur Gunung Putri

Mengingat naik gunung ini merupkan sebuah katifitas fisik yang cukup beresiko, maka saya mencoba meniatkan nya dengan cukup serius. Hingga saya harus berbelanja dulu untuk memenuhi perbekalan pribadi yang saya butuhkan.

Malah saya sempat mereivew koleksi You Toube tentang pendakian Jalur Gunung Gede Via Jalur Gunung Putri ini. Hingga saya menemukan informasi tentang Jalur atau akses pendakian yang ada seperti berikut.

3  Pilihan Pintu Masuk Menuju Puncak Gunung Gede

Untuk jalur umum berikut pilihan akses yang bisa kami ambil untuk di jadikan jalur pendakian, seperti ini :

NoPintu MasukDurasi Tempuh*
1.Salabintana9 - 12 Jam
2.Cibodas7 - 10 Jam
3.Putri6 - 8 Jam

Note :

*Untuk waktu tempuh tergantung dari fisik dan kemampuan tiap-tiap pendaki.

5 Alasan Kenapa Kami Memilih Jalur Gunung Putri ke Gunung Gede

Quota Pendaki Lebih Banyak.

Jalur Gunung Putri

Menurut kang Nunu pelaku operator basecamp dan penyewaan peralatan camping, quota perharinya sebanyak 400 orang setiap hari. Dengan jatah pendaki lebih banyak ketimbang Cibodas yang hanya 200 quota, berdasarkan pengelola TNGP Pangrango. Jadi jalur gunung putri berpeluang mendapatkan izin mendaki lebih banyak.

Lebih Banyak Bertemu Dengan Pendaki Lain.

Pendakian gunung gede via putri

Karena jumlah pendaki lebih banyak, maka kita akan banyak bertemu dengan pendaki lain selama treking. Sehingga tidak begitu sepi dan kita bisa saling menyapa atau mengobrol sesama pendaki untuk sekedar istirahat saat melepaskan lelah.

Baca juga : Cara mempersiapkan kegiatan wisata rombongan

Melewati Perkebunan Warga.

jalur gunung gede base camp putri

Suasana pemukiman dan lahan perkebunan warga akan Anda temui sepanjang kurang lebih 500m sebelum benar-benar tiba ke pintu masuk. Yah… Lumayan sebagai bonus pemandangan awal

Setalah itu hutan pinus dan tumbuhan biota lain akan mengiringi dengan jarak sejauh 6Km yang harus Anda arungi.

Lebih Cepat.

pendakian gunung gede pangrango

Berdasarkan data tersebut yang saya berikan, trek jalur gunung putri memang jalur yang lebih cepat menuju puncak. Namun bagi saya yang masih pemula walau pilihan yang paling cepat, tetap saja rasa capek dan pegal tidak hilang. Bahkan hingga seminggu setelah samapai rumah….. Luar biasa bukan hahahha….

Ada Alun-Alun Surya Kencana.

surya kencana gunung gede

Sebelum sampai puncak yang kurang lebih 1 km, lokasi ini akan Anda jumpai terebih dahulu. Hamparan pepohonan edelwis seluas 5 hektar akan membayar semuanya. Dengan bersusah payah pendakian hingga 2.759 mdpl Alun-Alun Surya Kencana menjadi spot Favorit setiap pendaki ke Gunung Gede.

Area Camping Luas.

gunung gede surya kencana

Jangan takut untuk tidak kebagian lokasi camaping lho…. Anda bisa memillih berbagai titik lokasi untuk membuka tenda dan bermalam. Kami sarankan untuk memilih lokasi yang terhimpit pohon ya.. Agar hembusan angin tidak terlalu kencang menghindari suasan yang lebih dingin.

Informasi Akses Menuju Cibodas.

Karena rombongan saya hanya 4 orang, jadi cukup menggunkana mobil pribadi. Jika Anda masih sanggup menggunakan sepeda motor. Maka kendaraan Anda  bisa parkirkan di base campe atau dititipkan kebeberapa rumah warga.

Namun bila menggunakan akses angkutan umum, Anda bisa menaiki angkot saja. Sebab akes menuju Cibodas saat saya menulis masih belum bisa dengan bus Luar kota dari arah Bogor karena perbaikan jalan akibat longsor.

Baca juga : harga sewa bus pariwisata Jakarta

Bila rombongan Anda yang cukup banyak, kami menyarankan menggukan jasa transportasi aramda microbus. Karena kelas kendaraan yang bisa menampung penumpang banyak,  saat ini hanya itu yang yang masih boleh untuk melintas.

Jadi untuk penajakan ke Gunung Gede untuk akses juga harus anda perhitungkan terutama untuk mejaga kodisi fisik. Ini berlaku baik penanjakan via Cibodas atau juga jalur gunung putri. Apalagi jika menggunkan sepeda motor, maka perlu mempersiapkannya dengan matang ya…..

Selamat mendaki, cie yu next time