Beranda Umum Membaca Manfaat Membaca Untuk Kita Yang Harus Di Ketahui

Manfaat Membaca Untuk Kita Yang Harus Di Ketahui

215
0
manfaat membaca

Pepatah bilang membaca adalah pintu dunia, karena manfaat membaca memang sangat banyak. Mungkin sebagian kita sedari kecil sudah membiasakan membaca atau bahkan menjadi sebuah hoby.

Membaca menjadi sebuah media penyalur yang sangat ampuh untuk mengisi waktu kosong dan bisa menambah pengetahuan akan informasi luar. Namun sayangnya banyak juga antara kita yang tidak terbiasa dengan budaya membaca. Sehingga terkadang menyepelekan manfaat membaca itu sendiri.

Sedangkan sebagai orang yang punya keahlian khusus suatu bidang, tak ada proes lainuntuk melalyunya, pasti semunya melalui “belajar”. Dan dalam belajar itu ada tahap harus melakan kegiatan membaca walaupun dari berbagai sumber yang beragam. Terutama untuk mendalami yang berhubungan dengan  teori sebelum mempraktekan hal-hal tertentu.

Membaca Buku Sesuai Tema Yang Kita Sukai

Sebanarnya secara global membaca tidak harus sepesifik jenis bacaan apa yang harus kita baca. Sehingga untuk memulainya cari lah bahan bacaan tentang apa yang kita gemari dulu.

Walau pada dasaranya kegiatan membaca itu baik. Namun karean sebuah hoby tekadang kita menggolngakan jenis bacaan apa yang ingin kita dalami.

Misalnya bila yang hoby membaca buku cerita, maka biasanya sering memilih membaca novel. Sedangakan bila kita yang tidak mau ketinggalan berita terupdate, koran atau segala informasi digital adalah yang cocok Anda baca.

Atau bisa bertemakan barang elektronik rumah tangga. Atau juga mungkin Anda memerlukan informasi tentang wisata, bisa seputar tips memprsiapkan kegiatan wisata.

Karena bila ingin mencari tau tetang berita yang sedang hangat. Biasanya kita pasti akan mencari berita dan membaca agar tak kehilangan informasi.

tapil ebih dari itu bahawa ada beberapa manfaat membaca untuk kita yang bisa kita dapatkan dengan membaca, misalnya :

#Menjaga otak agar tetap aktif dan tajam.

fokus

“Bagaikan pisau yang jauh dari asahan”. Kkurang lebih itu perumpamaan bagi orang yang kurang mengkonsumsi bacaan. Kegiatan yang kurang melibatkan dalam mengasah otak untuk berlatih terus menerus. Maka akan mendatangkan fungsi yang kurang bagus pada otak.

Terutuama akan merubah atau menurunya struktur daya ingat menjadi tidak berfungsi dengan baik. Semua itu karna hal-hal yang menyangkut neuropatologi atau penambahan usia.

Sehingga banyak manfaat baik dari membaca, terutama bagi kesehatan otak pada usia tua. Oleh karena itu membaca sangat baik untuk kegiatan semua kalangan, baik anak-anak hingga usia senja.

#Menghilangkan Stress.

Menghilangkan stress karena membaca

Saat kita sedang mengalami kegelisahan, terkadang memberikan dampak dan efek yang buruk pada psikologi tumbuh. Maka banyak metode penelitian untuk mengukur manfaat mebaca.

Salah satunya saat kita dirangsang untuk meningkatkan kecemasan. Maka beberapa metode penawar untuk tetap mejaga kesetabilan emosi.

Seperti membaca, mendengarkan musik, bermain video games hingga bermain dengan hewan.

Hasil penlitelitian mengketahui ternyata membaca menempati posisi yang paling tunggi unutuk menurukan tingkat emosi. Hampir sekitar 67% dari manfaat membaca merupakan angka yang signifikan membandingkannya dengan kegiatan lain.

#Memberi kekutan pada memori.

manfaat membaca bisa memberkan kekuatan memori

Saat kita memahami isi sebuah bacaan dari halaman ke halaman, atau hanya sekedar membaca sebuah intsruksi produk tertentu. Biasanya fungsi otak telah mengembangkan sisilain dengan sedirinya atas kemampuan imajinasi dan rangsangan sebuah infrmasi perintah.

Juga untuk mengasah sebuah kalimat bacaan dan pembelajaran asosiatif,  semua terhubung dalam sirkuit saraf tertentu ketika membaca. Sehigga hasil yang dari kebiasan membaca, maka kemampuan otak untuk berpikir dan berkonsentrasi akan terpacu dan meningkat.

#Menangkal penyakit Alzheimer atau kepikunan.

membaca bisa menangkal pikun

Anda pernah dengan tentang penyakit Alzheimer? ya biasanya kita sebut “pikunan”. Alzheimer adalah sebuah penyakit mudah lupa yang biasa terkait dengan faktor usia yang erus bertambah.

Menurut Dr. Robert P. Friedland bahwa aktivitas intelektual (seperti membaca buku) mampu memperkuat organ otak dari serangan berbagai penyakit yang menyerang otak Anda.

Maka untuk menghindari penyakit kepikunan, metode yang paling mudah adalah dengan membaca. Karena otak suka akan segala hal yang menyangkut tantangan baru. Sehingga kegiatan mebaca sangat lah baik, walau hanya dengan beberapa rangkaian kata-kata.

Selain itu manfaat membaca bisa meberikan efek pada daya ingat pada otak. Sehingga penyerapan informasi ini terjadi karena membaca dapat menciptakan semacam lapisan penyangga yang melindungi dan mengganti perubahan otak.

Nah sebelum telambat. Yuk… mari kita tingkatkan budaya membaca sebagai kegiatan yang mengisi waktu kita sehari-hari. Terutama untuk bacaan-bacaan yang bermanfaat ya.

Walaupun dengan mengeluarkan anggaran uang sedikit untuk membeli buku, maka infestasi yang bermanfaat akan kita dapati. Selain itu manfat memabca baik buat kita juga bermanfaat orang lain lho, terutama bagi sang penulis.

Karena dengan kita membeli buku, maka penulis juga bisa terus maju dan berkarya. Sehingga manfat memabaca juga bisa memajukan perekonimian kita sendiri dalam sektor buku dan percetakan.

Semakin banyak koleksi buku pada rak buku dirumah, maka saya yakin kuliatas membaca dan memori si pemilik buku akan selalu terjaga bagus. Terlebih lagi bila kita bisa menularkan kegiatan membaca kita kepada anak-anak kita.

Maka manfaat membaca bisa kita ciptakan sedari dini kepada keturuanan kita.